BAB
I
A.
Latar
Belakang
Menurut KBBI tahun 1991, Pendidikan diartikan sebagai
proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang
lebih tinggi mengenai objek- objek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut
diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola fikir dan
perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.
Fakta Pendidikan di Indonesia setiap menit 4 anak putus
sekolah, berdasarkan laporan Education
for all global monitoring report yang dirilis UNESCO 2011 tingginya angka
putus sekolah menyebabkan peringkat indeks pembangunan rendah, Indonesia berada
di peringkat 69 dari 127 negara dalam education
development indeks banyak faktor yang mempengaruhi tingginya angka putus
sekolah di Indonesia, faktor paling umum yang dijumpai adalah tingginya biaya
sekolah.
Sekarang ini tanpa pendidikan yang tinggi orang akan
kesulitan dalam mencari pekerjaan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin
tingginya angka pengangguran yang diakibatkan karena tingkat pendidikan
masyarakat yang sangat rendah. Jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan
salah satu faktor terpenting bagi individu dalam memperoleh pekerjaan. Semakin
tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh seorang individu maka akan semakin
tinggi pula pekerjaan yang didapat, dan juga sebaliknya semakin rendah tingkat
pendidikan seseorang maka akan semakin rendah pula pekerjaan yang didapat.
Berdasarkan penjelasan diatas, penulis mengangkat tema
mengenai pengaruh tingkat pendidikan dengan pekerjaan seseorang pada makalah
ini.
B.
Rumusan
Masalah
1)
Bagaimana tingkat pendidikan warga di
RW 08 Desa Pilang?
2)
Bagaimana
tingkat pekerjaan warga di RW 08 Desa Pilang?
3)
Bagaiman
hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan warga di RW 08 Desa Pilang?
C.
Tujuan
1)
Mengetahui bagaimana
tingkat pendidikan warga di RW 08 Desa Pilang.
2)
Mengetahui bagaimana
tingkat pekerjaan warga di RW 08 Desa Pilang.
3)
Mengetahui bagaimana
hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan warga di RW 08 Desa Pilang.
D.
Manfaat
1)
Manfaat Praktis
2)
Manfaat Teoritis
E.
Metode
1)
Studi Dokumenter
Studi Dokumenter merupakan suatu teknik pengumpulan data
dengan menghimpun dan menganalisis dokumen- dokumen, baik dokumen tertulis,
gambar maupun elektronik.
2)
Wawancara
Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan
mengajukan pertanyaan secara lisan kepada subjek yang diteliti.
3) Observasi
Observasi diartikan pengamatan dan pencatatan secara
sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.
BAB II
A. Tingkat Pendidikan Warga RW 08 Desa
Pilang
1) RT 01
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
1
|
Balita
|
13
|
2
|
TK
|
9
|
3
|
SD
|
10
|
4
|
SMP
|
7
|
5
|
SMA
|
5
|
6
|
MAHASISWA
|
3
|
2) RT 02
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
1
|
Balita
|
10
|
2
|
TK
|
2
|
3
|
SD
|
13
|
4
|
SMP
|
6
|
5
|
SMA
|
4
|
6
|
MAHASISWA
|
2
|
3) RT 03
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
1
|
Balita
|
17
|
2
|
TK
|
1
|
3
|
SD
|
16
|
4
|
SMP
|
6
|
5
|
SMA
|
7
|
6
|
MAHASISWA
|
1
|
B.
Tingkat Pekerjaan Warga RW 08 Desa Pilang
1) RT 01
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
1
|
Petani
|
7
|
2
|
Penjahit
|
4
|
3
|
Guru/Dosen
|
4
|
4
|
Kryawan Swasta
|
8
|
5
|
Tukang Becak
|
0
|
6
|
Tukang Ojek
|
0
|
7
|
Sopir
|
1
|
8
|
PNS
|
0
|
9
|
Polisi
|
1
|
10
|
TNI
|
0
|
11
|
Wiraswasta
|
8
|
12
|
Pedagang
|
12
|
13
|
Buruh
|
7
|
14
|
Pengangguran
|
5
|
2) RT 02
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
1
|
Petani
|
16
|
2
|
Penjahit
|
3
|
3
|
Guru/Dosen
|
1
|
4
|
Kryawan Swasta
|
9
|
5
|
Tukang Becak
|
1
|
6
|
Tukang Ojek
|
0
|
7
|
Sopir
|
1
|
8
|
PNS
|
1
|
9
|
Polisi
|
0
|
10
|
TNI
|
0
|
11
|
Wiraswasta
|
2
|
12
|
Pedagang
|
12
|
13
|
Buruh
|
8
|
14
|
Pengangguran
|
3
|
3)
RT
03
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
1
|
Petani
|
9
|
2
|
Penjahit
|
1
|
3
|
Guru/Dosen
|
1
|
4
|
Kryawan Swasta
|
23
|
5
|
Tukang Becak
|
3
|
6
|
Tukang Ojek
|
0
|
7
|
Sopir
|
3
|
8
|
PNS
|
1
|
9
|
Polisi
|
1
|
10
|
TNI
|
1
|
11
|
Wiraswasta
|
13
|
12
|
Pedagang
|
10
|
13
|
Buruh
|
64
|
14
|
Pengangguran
|
6
|
C.
Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Pekerjaan Warga
RW 08 Desa Pilang
1) Pada masyarakat RT 01
Pada masyarakat RT 01 terdapat 13 Balita, 9 anak TK, 10
anak SD, 7 anak SMP, 5 anak SMA, dan 3 Mahasiswa. Jenis pekerjaan yang paling
mendominasi adalah Pedagang, selain itu jumlah orang yang bekerja pada suatu
bidang yang hanya membutuhkan keterampilan lebih tinggi daripada jumlah orang
yang bekerja pada suatu bidang yang membutuhkan pendidikan yang tinggi.
Misalnya, pada tabel diatas jumlah Guru/ Dosen, Polisi, TNI dan PNS lebih
sedikit daripada jumlah Petani, Penjahit, Buruh dan Pedagang. Pada data
tersebut dapat dilihat pula bahwa hampir di setiap tingkatan pendidikan yang
lebih tinggi, jumlahnya akan lebih sedikit. Contohnya, dari SMP sampai
Mahasiswa jumlahnya selalu berkurang.
2) Pada masyarakat RT 02
Pada masyarakat RT 02 terdapat 10 Balita, 2 anak TK, 13
anak SD, 6 anak SMP, 4 anak SMA dan 2 Mahasiswa. Seperti pada masyarakat RT 1
jenis pekerjaan paling mendominasi
adalah petani dan pedagang.
3) Pada masyarakat RT 03
Pada masyarakat RT 03 terdapat 17 Balita, 1 anak TK, 16
anak SD, 6 anak SMP, 7 anak SMA dan 1 Mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar